Analisis Kerusakan Katup pada Mesin Diesel 9 L21/31 Internal Combustion Engine
Abstract Kerusakan katup buang (exhaust valve), pada mesin diesel L9 21/31. Unit 9 silinder 3 akibat proses pembakaran tidak sempurna, pembebanan termal, peningkatan panas berlebih (overheated) dan kelelahan material yang mengakibatkan patahan, retakan serta pengendapan deposite di daerah piringan katup. Untuk mengidentifikasi penyebab kerusakan beberapa pengujian dilakukan seperti pengamatan visual makro, analisis komposisi kimia, kekerasan […]

Abstract

Kerusakan katup buang (exhaust valve), pada mesin diesel L9 21/31. Unit 9 silinder 3 akibat proses pembakaran tidak sempurna, pembebanan termal, peningkatan panas berlebih (overheated) dan kelelahan material yang mengakibatkan patahan, retakan serta pengendapan deposite di daerah piringan katup. Untuk mengidentifikasi penyebab kerusakan beberapa pengujian dilakukan seperti pengamatan visual makro, analisis komposisi kimia, kekerasan mikro dengan vickers, fraktografi, metalografi, patahan dengan SEM dan analisis kualitatif deposit dengan EDX. Hasil analisis komposisi kimia unsur pada material dasar katup (valve) terbuat dari baja Martensitic paduan Cr-Si. Dipengaruhi adanya kandungan Karbon berlebih dan perbedaan kekerasan antara lapisan dan material dasar HAZ katup buang (exhaust valve) akan bersifat rapuh dan tidak tahan terhadap temperatur tinggi.

Download: Fullpaper

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *